Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsep Dasar Membuat Poster yang Baik



Konsep Dasar Membuat Poster yang Baik


Poster pada dasarnya adalah perpaduan antara elemen gambar dan teks yang digunakan untuk memberikan informasi kepada orang lain. Media poster banyak digunakan  seperti promosi, informasi atau pengumuman publik, sosial, komersil, dan berbagai macam keperluan lainnya. Untuk memberi atau menyampaikan informasi kepada orang lain melalui media poster, tentunya kita juga harus memahami pola atau konsep dasar dalam membuat sebuah poster dengan baik, agar informasi tersebut dapat diterima dan dipahami dengan baik pula oleh orang yang membacanya. Pada artikel kali ini, kita akan membahas konsep dasar dalam membuat poster yang baik. 

Untuk membuat poster yang baik, terdapat beberapa Key Point yang harus dipahami, yaitu :

a. Readibility (mudah dibaca)

Pada dasarnya, tidak hanya dari media poster saja, setiap informasi yang baik harus memiliki unsur readibiliy (mudah dibaca) oleh pembaca informasi. Jika sebuah informasi tidak memiliki unsur ini, maka intisari dari pesan yang akan kita sampaikan tidak akan mudah dimengerti oleh orang lain. Sehingga ini akan menyulitkan bagi sipembaca informasi. Maka dari itu, dalam pembuatan poster yang baik, sebaiknya menggunakan  tulisan, gambar, ataupun elemen yang dapat atau mudah dibaca oleh orang lain. Untuk lebih mudah dibaca, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi yaitu :

  • Ukuran font ideal minimal 24pt
  • Penggunaan jenis font maksimal 3 dalam 1 poster (hindari font tipe handwriting dan lain-lain)
  • Perhatikan jarak spasi antar huruf, dan spasi antar atas-bawah

b. Visibility (mudah dilihat)

Jika suatu poster sudah memiliki unsur readibility (mudah dibaca), belum tentu mudah untuk dilihat. Maksud dari pernyataan ini adalah walaupun tulisan suatu poster dapat dibaca dengan baik, belum tentu poster nya menarik. Setiap orang tentu memiliki selera warna yang berbeda-beda, maka dari itu, dalam membuat dan mendesain suatu poster pemilihan warna merupakan unsur yang sangat penting. Kesalahan pemilihan warna baik penggunaan warna teks atau warna background akan merusak seni visual dari suatu poster itu sendiri. Agar penggunaan warna terlihat lebih baik, ada beberapa ketentuan yang minimal harus dipenuhi, yaitu:

Pemilihan warna pada teks

  • Gunakan warna maksimal 2 atau 3 dalam 1 poster
  • Jika warna teks gelap, maka background harus terang
  • Jika warna background gelap, maka tulisan harus terang
Sumberhttps://uprint.id/blog/contoh-desain-poster-keren-inspiratif/

Pemilihan Warna

  • Dalam pemilihan warna dalam pembuatan poster, cermati penggunaan warna utama (primer)
  • Warna Primer merupakan warna dasar atau asli dan bukan warna dari campuran lain, misalnya wana merah, biru dan kuning.
  • Warna Sekunder merupakan warna sekunder adalah warna campuran dari primer. Contohnya adalah warna jingga. Warna jingga merupakan campuran dari warna merah dan warna kuning
  • Warna tersier merupakan kelompok warna yang dihasilkan dari campuran warna primer dan warna sekunder. 
  • Desainlah semenarik mungkin, tetapi tidak membuat mata menjadi lelah. Jika penggunaan warna background terlalu terang, dan tidak memerhatikan kombinasi warna, maka hasilnya akan terlihat pada gambar di bawah. 
  • Contoh kombinasi warna yang kurang tepat

  • Gunakanlah kombinasi yang tepat dalam pemilihan dan kombinasi warna agar warna tetap enak dilihat. Perhatikan kombinasi warna di bawah ini.

Sumber : pinhome.id/tabel pencampuran warna



Pemilihan Warna pada Teks dan Background

  • Agar penggunaan warna teks dan background tepat, kita harus memperhatikan kombinasi warna seperti pada Gambar di atas, sehingga informasi yang kita sampaikan dapat dilihat dan dibaca dengan baik. jika kita tidak memperhatikan komposisi warna, maka aka terlihat pada gambar di bawah :
  • Gambar di atas merupakan pernggunaan warna teks dan backgorund yang kurang tepat karena tidak mematuhi unsur readibility dan visibility pada gambar. Agar gambar di atas menjadi lebih tepat dalam kombinasi warna, maka warna yang seharusnya adalah :

Kombinasi warna teks dan background yang tepat

Pemilihan Warna pada Background

  • Agar desain warna poster terlihat baik  maka hindarilah pemakaian background yang ramai agar teks menjadi mudah untuk dibaca.
Contoh desain pemakaian backround yang ramai 

  • Agar informasi yang kita sajikan lebih menarik, kita cukup menggunakan warna yang sederhana namun tetap mementingkan keterbacaan teks.
Perpaduan warna teks dan backround yang tepat

  • Agar lebih memahami perpaduan dan pemilihan warna yang  baik, berikut adalah contoh  pemilihan warna teks dan background yang kurang baik 
Contoh pemilihan warna teks dan backround yang kurang baik



Itulah beberapa konsep dasar dalam mendesain poster yang baik dari segi mudah dibaca (readibility) dan mudah dilihat (visibility). Untuk lebih detail mengetahui bagaimana cara mendesain poster dari segi legibility dan komposisi (layout) akan saya bahas di artikel selanjutnya.




Post a Comment for "Konsep Dasar Membuat Poster yang Baik"